Mempersiapkan Generasi Cerdas Berkarakter

0
411

Tradisi di keluarga kami, setiap aktivitas atau rancangan pribadi tiap anggota keluarga harus dikomunikasikan dan dipaparkan alasan serta baik buruknya untuk disepakati, sehingga keluarga sebagai sebuah tim siap mendukung dan berkontribusi serta memaklumi apapun konsekuensi plus tantangannya.

Ada beberapa pertanyaan dari sahabat, mengapa sekarang Bu Ila fokus mengkampanyekan program-program dari Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek RI? Nah, biar nggak penasaran dan harus menjelaskan satu persatu, sekalian dipaparkan ceritanya agar tidak ada dusta diantara kita, hehehe.

***

Bu Ila sendiri, sejak bergabung menjadi fasilitator pendidikan keluarga bulan Oktober 2019 di bawah Direktorat Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI kala itu, terus memompa semangat mengajak para Orangtua untuk memberikan pengasuhan positif kepada keluarganya, dimulai dari pola pengasuhan di keluarga sendiri. Bersama para fasilitator lainnya yang selanjutnya bergabung ke dalam Lembaga Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) sebagai Sahabat Karakter, bukan karena digaji atau mendapatkan honor, tapi merasakan ruh yang sama untuk menjadi bagian dari kampanye menciptakan “Generasi Cerdas Berkarakter.”

Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) merupakan unit organisasi baru di Kemendikbudristek untuk menunjang pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter sebagai prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Puspeka hadir dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang cakap dalam menghadapi tantangan perkembangan era globalisasi melalui restorasi pendidikan karakter di sekolah, di lingkungan keluarga, maupun masyarakat.

Berdasarkan visi, tujuan dan semangat yang sama, teman-teman fasilitator dari unsur 3 poros pendidikan (Sekolah, Keluarga, Lingkungan Masyarakat) terus saling menyemangati, bergerak di lingkungan kerjanya, dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki untuk tujuan yang sama yaitu menciptakan Generasi Cerdas Berkarakter, dengan harapan Indonesia Maju Bermartabat.

Kami sebagai relawan #SahabatKarakter, siap menjadi agen yang senantiasa berupaya meminimalisir tiga (3) dosa besar pendidikan (yaitu; perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi). Juga mensosialisasikan penguatan 6 karakter dasar di setiap lini kehidupan sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan, sebagai upaya membangun generasi emas 2045 yang dibekali kemampuan dalam aspek literasi dasar dan keterampilan atau kompetensi abad 21.

6 nilai utama karakter yang harus dikuatkan adalah

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  2. Mandiri
  3. Bernalar Kritis
  4. Kreatif
  5. Bergotong royong
  6. Berkebinekaan global

Kami para Sahabat Karakter dibekali senjata berupa materi yang bisa dipelajari dan dikembangkan di portal http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ https://web.facebook.com/cerdasberkarakter.kemdikbudri https://www.instagram.com/cerdasberkarakter.kemdikbudri/ https://www.youtube.com/c/CerdasBerkarakterKemdikbudRI

Alhamdulillah, bahagia menjadi bagian dari visi besar ini, menjadi relawan yang bergerak tanpa pamrih , menjadi fasilitator pendidikan keluarga yang tidak akan berhenti bergerak sampai ketidakmampuan alam yang membatasinya. Menjadi bagian dari kepakan kecil sayap kupu-kupu, keputusan kecil yang mungkin kelihatan tidak berarti, namun akan membawa perubahan maha dasyat yang diharapkan mampu memicu peristiwa pergerakan generasi ke depan yang berkarakter demi Indonesia bermartabat.

Apresiasi tertinggi buat teman-teman di Puspeka yang telah menyatukan kami para fasilitator, pendidik, Mahasiswa, Pelajar, Orangtua, masyarakat umum, masyarakat adat, dosen dan dinas pendidikan kabupaten kota untuk bergerak bersama. Dibutuhkan lebih banyak lagi orang dan lembaga untuk mewujudkan Generasi Cerdas Berkarakter, mewujudkan Indonesia Maju Bermartabat.

Ayo Bergabung.di https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/home

Salam

Bu Ila (Fasilitator Pendidikan Keluarga)

Untuk kegiatan parenting, konseling dan coaching keluarga baik online maupun offline silakan menghubungi via WA 081396200313 (Bu Ila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here