Betul Menjadi Orangtua, Bukan Kebetulan Menjadi Orangtua

0
428

Menjadi orang tua bukan sebuah kebetulan, tanpa sengaja, terjadi begitu saja, tiba-tiba atau sinonim lainnya. Kebetulan itu cuma bahasa manusia, ketidaksanggupan dalam memahami dan menerima kesengajaan Allah swt.

“…Allah mengatur urusan (makhluk-Nya) menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.” (QS. Ar Rad ayat 2)

Begitu juga menjadi orang tua bukan sebuah kebetulan, karena setiap detik berlalu, Allah menghendaki kita ada dimana saat itu, bertemu dengan siapa dan sedang apa. Bahkan jodoh, rezeki, pertemuan dan maut adalah campur tangan Allah pada hamba-Nya. Walaupun alasan menikah karena perbuatan yang tidak baik atau mungkar, namun apa yang kita jalani dan bagaimana selanjutnya ada campur tangan Allah SWT. Tidak ada perbuatan mungkar yang diperintahkan oleh Allah SWT, tapi hukum dan ketentuan-Nya akan berlaku saat syarat dan kondisi dipenuhi sesuai apa yang telah digariskan-Nya.

Menjadi orang tua bukan kebetulan atau disebabkan sebuah status, telah memiliki anak karena menyatunya dua insan dalam ikatan perkawinan. Walau tidak ada sekolah khusus menjadi orang tua, namun sebagai seorang Muslim kita memiliki cara pandang, suri teladan atau contoh yang “up to date” dalam menjalani kehidupan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Begitu juga menjadi orang tua, Rasulullah telah memberikan tuntunan atau contoh dalam menjalankan peran menjadi orang tua dan pasangan suami istri.

Pertanyaan mendasar yang akan kita tanyakan ke dalam diri adalah sudahkah kita mempersiapkan diri, terus belajar dan terlibat dalam menjalankan peran menjadi orang tua?

Telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu minta agar disegerakan datangnya.” (QS. An Nahl ayat 1)

Siapkah kita terlibat dan kuat menghadapi ujian sebagai orang tua, istiqomah pada ketaatan, lurusnya niat serta berani mengambil resiko dengan mengharapkan hasil bahwa kitalah hamba-Nya yang terpilih. Terpilih memiliki pasangan dan anak-anak yang hebat sebagai jalan untuk menuju syurga-Nya, karena menjadi orang tua bukanlah sebuah kebetulan.

Salam

Bu Ila (Coach Pendidikan Keluarga)

***

Untuk kegiatan parenting, konseling dan coaching keluarga baik online maupun offline silakan menghubungi via WA 081396200313 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here