Mengenalkan Anak Pada Alam By: Bu ILA

0
261
www.ceritabuila.id

Pandemic covid-19 masih mewabah di negeri kita, hal ini berdampak pada berbagai aktivitas di setiap sisi kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan. Anak-anak di sebagian besar sekolah belum bisa datang ke sekolah dan  belajar secara tatap muka seperti biasanya. Sementara belajar daring dan pembelajaran jarak jauh sedikit banyaknya mengalami kendala dan juga menimbulkan kebosanan bagi anak.

Pihak sekolah dan orang tua dibuat pusing dengan perilaku anak dan mencoba mengatasi kendala serta mencari cara untuk menghindari kebosanan pada anak. Salah satu jalan keluar terbaik adalah mengajak anak beraktivitas di luar rumah. Aktivitas yang dapat membuat anak senang namun tetap bermanfaat, karena anak yang bahagia tentu dapat meningkatkan immun tubuhnya. Namun tetap mempertimbangkan dan memberikan proteksi terbaik untuk menunjang keamanan dan kenyamanan anak.

 

Salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan orang tua adalah beraktivitas dan mengenalkan anak kepada alam terbuka. Mengajak anak bermain di alam, disinyalir dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak dengan bereksplorasi untuk melatih kecerdasan anak. Alam mampu menyediakan berbagai stimulus berupa visual, suara, bau, tekstur yang dapat merangsang perkembangan sensorik motorik anak.

Ajak anak berinteraksi langsung dengan berbagai tanaman dan ekosistem lainnya sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menginspirasi. Ketika anak menyentuh, merasakan rumput yang basah oleh air hujan, tanah yang memiliki tekstur berbeda, bebatuan, permukaan pohon dan dedaunan. Hal ini akan menghadirkan sensasi yang berbeda pada anak. Ketika anak berlari, melompat, dan kegiatan fisik lainnya, secara otomatis akan melatih sensori dalam keseimbangan dan keberadaan anak di lingkungannya.

www.ceritabuila.id

Ketika anak melihat gerakan air dan angin yang meniup dedaunan, melihat gerakan binatang kecil di tanah. Mendengarkan suara burung, ributnya bebek yang bermain di gelimangan kolam, gemericik air dan suara alam lainnya. Kegiatan di alam terbuka ini dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan bonding atau kedekatan orang tua dengan anak.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat Ayah Bunda lakukan bersama anak di alam antara lain:

  1. Berkebun

Selain untuk melatih motorik, berkebun dapat mengenalkan anak pada asal muasal kehidupan. Merasakan fitrah dirinya sebagai bagian dari alam dan makhluk Allah SWT. Mengenalkannya cara menanam, merawat dan menikmati hasil panen.

  1. Berkemah

Merasakan hidup di alam terbuka, melatih kehidupan bertahan di alam, memanfaatkan apapun yang ada di alam akan melatih anak menghargai alam. Membangkitkan kepercayaan diri anak dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk memilih kegiatan secara mandiri. Mengekspresikan diri dengan berbagai bahan atau media yang ada di alam. Berkemah juga dapat melatih karakter gotong rotong pada anak, seperti bersama-sama mendirikan tenda, memasak untuk dimakan bersama dan kegiatan positif lainnya

  1. Jelajah Alam

Jelajah alam dapat melatih kekuatan fisik anak, membakar lemak dengan membuat anak bergerak adalah cara terbaik untuk membuat seluruh anggota keluarga sehat. Berjalan di alam atau naik gunung akan memacu anak bergerak, menghirup udara segar, menyaksikan keindahan ciptaan Allah SWT. Saling berinteraksi, baik dengan sesama anggota keluarga, dengan alam dan dengan masyarakat sekitar yang ditemui anak.

  1. Outbound

Bermain di luar ruangan, dengan berbagai permainan yang menyenangkan dapat menghilangkan berbagai gangguan emosi pada anak. Seperti kecemasan, kebosanan, insecure, stress dan lainnya. Kegaitan outbound juga dapat melatih keberanian anak mengambil keputusan, permainan latihan motorik dan permainan kelompok yang pastinya mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

  1. Berkunjung ke taman edukasi

Taman edukasi sebagai tempat yang menyenangkan dapat memberikan alternatif kegiatan yang bermanfaat dan menanamkan nilai-nilai pembelajaran bagi anak. Banyak sekali sarana pembelajaran disediakan di taman edukasi yang dapat dipilih anak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Mulai dari mengenalkan anak pada dunia tanaman, hewan, life skill dan lainnya. Aneka informasi yang mereka peroleh dapat menjadi bekal dan pengalaman bermanfaat dan pastinya menyenangkan.

www.ceritabuila.id

Jadi jelaslah bahwa berbagai kegiatan di alam ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Membuat anak lebih kreatif, cerdas, mampu memecahkan masalah, melatih kemampuan bersosialisasi, peduli terhadap alam. Pastinya, di alam membuat anak lebih bebas dan menjadi lebih sehat serta bahagia.

Ayah Bunda, Mari ajak anak mengenal alam.

Semoga bermanfaat

Salam

Bu Ila (Coach Pendidikan Keluarga)

  • Penerima Apresiasi Orangtua Hebat 2018 dari Kemendikbud RI
  • Penerima Apresiasi Penggerak Literasi 2019 dari Kemendikbud RI
  • Pemenang Lomba Blog Cerdas Berkarakter 2020 dari Puspeka Kemendikbud RI

Untuk kegiatan parenting, konseling dan coaching keluarga baik online maupun offline silakan menghubungi via WA 081396200313 (Bu Ila)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here