Tips Hindari Anak Jadi Pelaku Perundungan

0
599
@ilaeducation

Hampir setiap Orangtua akan marah dan emosi saat mendapati anaknya menjadi korban perundungan. Bahkan tak jarang Orangtua akan menghampiri orang yang menjadi pelaku perundungan tersebut untuk membalas atau membuat perhitungan.

Namun, hal utama yang sebaiknya dilakukan oleh Orangtua bukanlah tentang mencegah anak-anaknya menjadi korban perundungan, tapi sebuah upaya untuk mengantisipasi agar anak-anak tidak menjadi pelaku perundungan.

Tahukah Ayah Bunda, biasanya perundungan ini dilakukan secara berkelompok, jumlah pelaku lebih banyak daripada korbannya. Banyak alasan anak menjadi pelaku perundungan, bisa karena terikut teman, perilaku usil, mencari perhatian dan lain sebagainya.

Nah, Bu Ila aka berbagi tips bagaimana agar anak-anak kita tidak menjadi pelaku perundungan. Sini Bu Ila bisikin ya, tips ini terinspirasi ketika mengulik berbagai informasi yang didapat di http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/

Yuk simak, Tips cegah anak menjadi pelaku perundungan

  1. Ajarkan anak tentang perbedaan pada tiap individu. Bukan hanya bercerita tentang SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan), tapi juga tentang perbedaan dalam minat, bakat, fisik, ekonomi, sebagai alasan untuk direndahkan. Menyadarkan anak bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, yang tidak perlu untuk dipermasalahkan.
  2. Menanamkan moral dan akhlak baik pada anak sebaiknya dilakukan secara kontekstual. Bukan hanya masalah salah dan benar, tapi pada latar belakang sosial dan mengedepankan empati. Misalnya ada temannya yang melakukan kesalahan dan sudah mendapatkan konsekuensi tidak perlu menghina atau mengolok-olok secara berulang.
  3. Ajarkan cara berkomunikasi dengan orang lain, menolak untuk ikut-ikutan teman yang melakukan perilaku perundungan dan berani melawan tindakan perundungan dengan melaporkannya pada Orangtua ataupun Guru.
  4. Mengajarkan tentang perilaku perundungan dan perilaku tidak baik lainnya melalui dongeng, bertutur, atau membacakan cerita. Melalui dongeng, kita dapat menanamkan karakter baik tanpa terkesan memaksa atau menggurui.

Kabar baiknya, jika tidak memiliki keterampilan untuk berdongeng kepada anak, Ayah Bunda dapat menonton video dongeng bersama anak yang tersedia di channel youtube #SahabatKarakter. Seperti dongeng Kak Awam tentang  “Cerita Lala Si Lalat Hitam” di https://www.youtube.com/watch?v=rL9jtJ6E03k

Banyak juga dongeng-dongeng mendidik lainnya, silakan aja berkunjung ke https://www.youtube.com/channel/UCYse1ONQRRiwim9CuNfM10g

Nah, mudahkan

Pertanyaannya, maukah Ayah Bunda terlibat bersama mencegah #perundungan dan menghindari anak menjadi pelaku perundungan?

Ayah Bunda punya praktik lainnya untuk bersama melawan perilaku perundungan?

Yuk Berbagi Cerita

#portalpraktikbaik

#sahabatkarakter

#puspeka

#penguatankarakter

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here