Tips Stimulasi Anak Usia 2 Tahun Kebawah

0
94

Beberapa tahun terakhir, Bu Ila sering menerima konseling keluarga yang anaknya mengalami speech delay atau suatu gangguan komunikasi yang menyebabkan anak mengalami keterlambatan bicara. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa kondisi yang mengiringinya, seperti gangguan pendengaran, gangguan neurologis atau masalah perkembangan yang mendasarinya.

Yang namanya terlambat, bisa jadi anak akan mampu berbicara suatu hari nanti, namun jika hal ini berkepanjangan akan menimbulkan masalah lainnya di kemudian hari. Secara normal anak usia 2 tahun dapat mengatakan sekitar 50 kata dan berbicara dalam dua hingga tiga kalimat. Jadi, buat para Ayah Bunda harus tetap waspada dan memperhatikan tumbuh kembang anaknya ya

***

Pada Jumat berkah ini, Bu Ila akan berbagi tips stimulasi atau rangsangan yang dapat Ayah Bunda lakukan pada anak sejak dini, bahkan dimulai pada anak usia 1 tahun ke bawah.

Aktivitas apa yg dapat Bunda lakukan agar anak usia 1 tahun ke bawah dapat berkembang dgn optimal.
Terutama pada perkembangan bahasanya.

Simak yuk…

  1. Sering memeluk dan memberikan senyum sosial, agar anak mengenal dan mau berinteraksi dgn orang di sekitarnya.

2. Selalu mengajak anak berbicara, merespon sekecil apapun suara atau celotehannya.

3. Menyadarkan anak akan keberadaan orang yg terlihat dengan mengajak anak menyapa      dan melambaikan tangannya.

4. Menunjuk dan menyebutkan nama benda atau nama orang (mis: papa, mama, kakak,        bola, mainan dll)

5. Merangsang anak untuk beraktivitas fisik (spt: merangkak, duduk, jalan berpegangan        dll) dgn tetap merespon apa yang dilakukan anak.

6. Bermain “ciluk ba” atau mengajak anak bermain di depan cermin, memperlihatkan              wajah anak dan mengajak anak berbicara atau menunjukkan berbagai ekspresi emosi        di depan cermin.

7. Menunjuk dan menyebut nama dari gambar-gambar yang terdapat di lembar buku,            mengajarkan anak beraktivitas dengan buku-buku anak yang memiliki gambar serta          warna menarik.

8. Mendongeng, membacakan buku cerita, menyanyi dengan gerakan dan melakukan            Gerakan yang dapat ditiru anak

9. Memegang mainan dengan dua tangan dan berinteraksi Bersama mainan yang                    dipegang anak.

Demikian tips bermain atau beraktivitas Bersama anak usia di bawah 2 tahun yang bermanfaat untuk merangsang kecerdasan anak terutama untuk perkembangan bahasanya.

Semoga bermanfaat

Salam Sayang

Coach Pendidikan Keluarga

#portalpraktikbaik #ceritabuila #tips #parentingclass #konselorkeluarga #pendidikankeluarga #sahabatkarakter #puspeka #penguatankarakter

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here